Mahasiswa Sehat dan Problemanya



Berikut saya sampaikan beberapa tips sederhana yang bisa mahasiswa terapkan dalam biduk rumah tangganya (selama kuliah maksudnya), banyak problema yang mengalir tetapi solusi sendiri kadang tumpul… cekidot



  1. Konsumsi sayuran minimal 2x dalam waktu makan setiap hari (misal pagi dan siang makan dengan menu yang ada sayurnya) *bagi yang gak suka sayur,harus dipaksa* Perlu diketahui selain sayur sayur itu sangat sehat dan bisa bikin kita awet kenyangnya. Kalo diwarung makan sayur itu relative harganya, alias sama dan pastinya murah banget jadi tidak usah ragu untuk makan sayuran.
  1. Konsumsi  makanan  yang mengandung  sumber protein,rendah lemak ini berfungsi untuk menambah tenaga saat kuliah maupun beraktifitas :D, tapi jangan sering makan ayam, karna bakal menguras kantong haha bisa diganti tempe,tahu, telur (ini udah paling mewah), ikan tongkol (paling murah harganya dari semua jenis ikan yang ada diwarung makan) hehe
  2. Konsumsi buah minimal 3x dalam seminggu, -> ini hal yang jarang banget mahasiswa lakukan, bahkan buah dilupakan karna harganya yang lumayan, dan belinya pun ribet, kalo gak dikasih buah yang lagi musim sama pemilik kos gak bakal makan buah  hahaa cara menyiasatinya yaitu beli jus buah, kan banyak tuh di sekitaran kampus, harganya pun bersahabat bagi mahasiswa Cuma Rp.3500 – 5000. Pilih buah yang cocok bagi perut mahasiswa misal jus alpukat selain murah alpukat mengandung karbohidrat dan lemak baik..bisa bikin tambah kenyang dan sehat
  3. Lakukan olahraga minimal 3x dalam seminggu -> hal paling sulit dilakuin. Udah tau sendiri mahasiswa itu kebo semua haha bangunnya aja paling jam 8 keatas wkwk. Olahraga itu hal yang gak perlu ngeluarin biaya, jadi gak ada alasan utk gak berolahraga. Jogging setiap pagi/sore, atau main bukutangkis, pokonya senyaman nya agan/sista saja yang penting olahraga, selain bikin badan sehat tentu bisa *cuci mata* #youknowwhatimean :p
  4. Pilih tempat makan/warung makan yang higenis, biasanya kalo tempat cucian piringnya bersih, pasti warungnya higenis, ini penting banget buat para mahasiswa karna mahasiswa sendiri rawan kena penyakit kaya tipus,hepatitis,diare dll kalo perlu survey setiap warung makan, cari yang sehigenis mungkin hehe
  5. Pilih tempat/warung makan yang murah -> selain higenis tentunya ini hal yang perlu diperhatikan juga, pastinya mahasiswa itu menginginkan makan yang enak,murah, dan banyak…saya tau..saya tau..saya juga seperti itu kok..hehe. disini kalian harus pintar mengatur menu apa saja yang harus kalian makan, ingat makanan yang enak dan bergizi tidak perlu mahal, kembali lagi pada nomor-nomor tips diatas.
  6. Makan harus tepat waktu-> ini hal yang sulit juga, hmm wajar sih karna jadwal kuliah mahasiswa itu sendiri gak berarturan, tapi setidaknya kamu harus memutar otak dan merubah sikap agar makan lebih teratur dan terjadwal dgn tepat. Pokonya harus makan ,walaupun Cuma sedikit.
  7. Jangan sampai gak makan -> nah ini hal yang penting ,terkadang jika seorang mahasiswa punya keiniginan hebat kaya ingin beli sesuatu atau mau jalan2 ke suatu tempat, pasti mengorbankan apa yang ia punya, yap uang makan pun diirit se irit mungkin dan sampai2 gak makan gara2 uangnya buat ditabung hayoo ngaku hayo haha ini gak boleh ya…..

Jadi gak ada alasan untuk tidak sehat :D

Nah diatas tadi tips agar menjadi Mahasiswa Sehat, semoga kamu bisa terapkan, saya membuat post ini karna saya sendiri seorang mahasiswa, dan sering melihat teman seperjuangan saya mengalami masalah-masalah seperti uang bulanan habis sebelum waktunya,makan gak teratur, salah milih lauk pauk,gak bisa mengurus diri dll tapi disini kita coba untuk memperbaikinya….


created by: T.S Ni'am

Postingan populer dari blog ini