Kamis, 27 April 2017

Mau Ngapain Setelah Lulus Kuliah?

     
      Euforia saat wisuda memang nggak terlupakan, gimana nggak.. kuliah 4 tahun  plus berdampingan sama tugas dan laporan serta praktek kerja lapang alias PKL 3 bulan merupakan hasil jerih payah kita :’) saat nama sudah diberi gelar saat selesai sidang tapi itu masih unofficial dan official gelar kita di resmikan bapak direktur di acara wisuda. Alhamdulillah setidaknya niat kuliah, kerja keras dan doa orang tua terbayar dengan wisuda bareng temen temen. Yaa walau tidak bareng semua nya. Lagian gedung nya nggak cukup nanti. Wkwk. Bagi mahasiswa kesehatan ada tahapan plus plus agar kamu jadi nakes profesional yang resmi dan gak abal abal. Yaa kamu harus punya STR alias Surat Tanda Registrasi.. untungnya saja STR gizi ku diperoleh tanpa adanya UKOM alias Uji Kompetensi kaya perawat, bidan, dokter dll. Enak ya... memang enak. Tapi nggak enaknya mau ngapain kita setelah itu... udah wisuda, punya gelar, foto bagus di studio/outdoor, foto sama keluarga, foto sama pacar, foto sama teman teman, make up dan baju mahal (cewek), upload foto wisuda di instagram, facebook, ganti dp BBM. Oke fix.. beres ya.. setelah itu ngapain kitaa...       Euforia selesai, malu dong ditanya keluarga, teman PAUD/SD/SMP/SMA, tetangga. Dimana kerja nya sekarang...? menurut survey rumah tangga anak yang lulus mereka menjawab beraneka ragam ada yang jawab ..
“Eeh anu.. masih nyari nyari lowongan.. hehe
“Emm kemarin udah masukin lamaran..tp belum ada panggilan hehe
“Eee..baru juga lulus...masih ngurus STR...nggak bisa kerja kalo nggak ada STR...
Itulah tipe tipe jawaban ketika sudah lulus. Hehe...tinggal pilih yang mana sesuai selera dan keadaan serta jenis orang yang bertanya wkwk. biasanya kita langsung nyepam di bagian akademik buat legalisir ijazah, transkrip. Ke dinkesprov ngurus rekom dll. Yaa itulah mahasiswa kesehatan..mau dibuat cepet kerja juga gak punya senjata, dibuat lama kadang ke bablasan lamanya haha. Hari berlalu...minggu ke minggu... masukin lamaran di RS walau tanpa ada lowongan.. ya nekat masukin lowongan aja siapa tau dipanggil kalau nggak yaa berkas kita dibuat bersihin tinta printer haha. Ada lowngan tapi luar kota..okelah krim pos. Kirim kirim kirim pos ekspress dan tak lupa selalu update informasi di medsos, grup terkait lowongan. Sampe sampe daftar kerja lewat krim email kita lakukan...dan sampe sampe dikirimi undangan tes wawancara tapi harus pesen travelnya.. what the...ini penipuan fix wkwk. Sebegitu banyaknya pengangguran kah sampe sampe orang hoax kaya gitu masih berusaha menipu. Yaah begitulah usaha kita...usaha maksimal sebagai biji pengangguran. Kita juga semakin giat berdoa, orang tua juga sangat mendukung pastinya. Orang tua mana yang nggak seneng kalau anaknya sudah bisa mandiri, punya penghasilan. Ya Allah..pasti doa kita semasa kecil dulu hingga sekarang adalah saya ingin membahagian kedua orang tua saya. Maka tugas kita sekarang adalah membuktikannya. Oke Ayah.. Ibu aku pasti bisa membahagiakan mu.
Sampailah beberapa minggu kita menunggu nunggu panggilan.. ko nggak ada kabar kabar yaa...ya Allah apa kurangnya hamba...berkas lengkap tapi nggak ada panggilan. Setidaknya panggilan wawancara bentar gpp ya Allah. Asal bisa ngerasain wawancara itu seperti apa haha. Dan hari dimana yang dinanti nantikan biji pengangguranpun tiba..mulai ada pengumuman lolos seleksi administrasi dan ada juga yang langsung dapat panggilan tes wawancara..ini lah momen dimana kita yang sebenarnya. Kamu yang lolos adalah ibarat orang yang baru lahir. Kamu punya kemampuan sama dengan mereka yang lolos juga. Ya Allah semoga hamba beruntung....kamu akan di tes sampai mana kemampuan mu. Wes.. intinya kalian itu sama. Tidak ada kata dia lulus dari kampus bonafit. Siapa tau kamu lebih bisa dari dia. Mereka melihat usaha, kesungguhan dalam mengerjakan serta kejujuran mu. Itulah yang mereka cari dari kita sebagai biji pengangguran. Ini adalah beberapa tips prinsip dari saya.. iini pendapat saya. Mungkin ada yang sama ada yang beda..boleh lah saling share nanti. Oke lanjut...
Prinsip yang pertama
Berdoa ... berdoa itu wajib ...nggak bisa nolak...ya walaupun berdoa kepada Allah ketika ada maunya saja. Hehe. Intinya kamu harus berdoa, sholat jangan lupa, ditambah sholat sunah lebih mantap djiwa raga. Minta doakan ke orang tua juga. Doa ortu itu paling mujarab..ini sungguh...Mungkin di tambah puasa sunah boleh lah. Intinya kamu harus percaya pada doa.
Prinsip yang kedua
Target... kamu harus punya target. Kalau bicara seperti itu rasanya mungkin sebagian orang tidak sependapat.. ada yang jawab aah saya tdk ada target pokoknya jalani dulu saja usaha dulu. Tp menurut saya itu saalah.. menurut saya lo ya. Situasi seperti ini kalian gak bisa mengabaikan target. Kalau saya dulu sy punya target jangka panjang dan jangka pendek. Target jangka panjang saya yang enak enak saja. Saya bisa kerja di RS Besar kenapa? Karna saya ingin kemampuan saya meningkat dan tidak stuck disitu saja. You know lah semakin bagus kualitas tempat bekerja berbanding lurus dengan kemampuan tenaga kerja nya. Dan target jangka pendek saya.. gk boleh muluk muluk haarus yakin dan pasti. Sya dulu target sebelum lebaran saya harus kerja di RS titik. Dan lebaaran saya harus bekerja titik. Jujur saja tekanan saat lebaran nanti pasti mengarah ke pekerjaan haha iya kan....
Prinsip yang ketiga
Pahami sistematika tempat bekerja....setelah kamu punya target ingin kerja dimana dan kapan kamu harus paham sistem tempat bekerja (kalau misal dapat panggila di instansi tsb) ..ya kamu harus tau tugas seorang ahli gizi (kalau saya) itu seperti apa di rs tsb. Akreditasi rs tsb apa.. ada berapa ahli gizi disana... kapan terakhir ada lowongan disana... seperti apa saja materi tes lowongan tahun tahun sebelumnya....cari akun sosmed orang yang kerja disitu... kamu harus hafal titik. dapat dari mana itu semua..jawabnya adalah dari internet... semua ada disitu...cari sampai ke akar akarnya pasti ada. Jika malu buatlah fake account kalau mau tanya ke orang yg kerja disana. Simple kan... haha. Jadilah pengguna chrome atau mozila yang haus informasi dan kepo.
Prinsip yang ke empat
Belajar.... ketika dapat panggila untuk tes tulis atau wawancara satu satunya jalan jika lolos adalah harus belajar. Syaa dulu suka merangkum bberapa materi penting  yang wajib diketahui sebagai ahli gizi. Dan pastinya ini nanti bakal keluar wkwkkw. Belajar sesuai porsinya. Jika waktunya tes tulis dengan materi Wawasan Kebangsaan, Pengetahuan Kesehatan, Pengetahuan Umum kalian wajib cari di internet materi nya..titik.. download lalu print yang banyak. Modal sedikti lah kalau belajar lewat laptop or hp BIG NO menurut saya. Dan tips menurut saya adalah kalian harus menguasai salah satu dari poin materi yang diujikan misalkan ada materi tentang wawasan kebangsaan. Ya kalau bisa kalian harus dapat poin 100 dari materi tsb titik. Ada sistem nilai dominan kalau sy menyebutnya. Jadi kalian kuasai betul salah satu ...saya dulu amat mempelajari wawasan kebangsaan... karna menurut saya itu ilmu gak bakal berubah alias ilmu kekal... gak ada cerita nya presiden pertama indonesia diganti Soeharto. Nah itu dia. Setelah menguasai betul yg diharapkan adalah poin wawasan kebangsaan itu bisa mendongkak nilai kita yg lain. Misal nilai dari pengetahuan umum kita jelek setidaknya bisa ditambal dengan wawasan kebangsaan. Siapa tau saingan kita belajar nya sama rata nilainya juga sama semua. Tp kita ada nilai pendongkrak. Kita menang haha simpel kan...tp sulit sebenernya haha.
            Selanjutnya adalah belajar psikotes jika waktunya tes psikotes... seperti biasa kalian hrs modal ngeprint banyak soal soal psikotes. Mulai dari logika, antonim, sinonim, aritmatika, menggambar dll. Lagi lagi tipnya adalah kita harus menguasai satu, dua atau tiga item tsb. Psikotes yang dilihat adalah diri kita itu bagaimana...
Prinsip yang kelima
Kuasai tahap wawancara,... tahap wawancara adalah yg paling degdegan kalian gak boleh grogi, banyak mikir. Saya dulu teringat bagaimana saya degdegan nya minta ampun saat pertama kali wawancara.. padahal wawancara saya bareng dengan rekan yang lain. Cari tips tips di internet terkait wawancara. Banyak...saya dulu sering notn di youtube proses dari A-Z wawancara .. jawabnya gimana. Tips saya adalah kalian santai, kuasai materi (kembali ke bekal prinsip belajar diatas) karna sewaktu wawancara pasti ditanyakan, jawab dengan tegas dan suara jelas, jangan lupa ketika ditanya aktivitas sehari hari sertakan sholat dalam jawaban kalian. Boleh lah fake sedikit. Misal ditanya aktivitas setelah sholat ngapain... sy jawab bantu orang tua.. ngantar adik dll. Aslinya saya tidur lagi. Itu namanya berbohong demi kebaikan wkwk :’) tidak apa apa... kemudian jika ditanya kekurang dalam diri kalian jawablah kekurangan yang bersifat ada solusinya. Misal kelemahan saya adalah saya tidak bisa bahasa inggris tp saya akan tetap belajar, saya tidak terlalu hafal rumus menghitung keb kalori pasien DM solusi nya saya selalu bawa catatan kecil untuk mengingatnya. Spt itu.. dan ketika ditanya gaji sebagai freshgrad kita DILARANG keras menjawab dengan nominal angka. Jawaban freshggrad yang benar adalah karna saya fresh grad jadi... sesuai dengan kebijakan dari sini. Kalian jawab dengan kata sesuai dengan UMK... yaa mereka mikir ,,,lulusan baru ko minta segitu ,,,kami mana bisa.... begitulah sekiranya

Prinsip yang ke enam
Percaya diri.... percayalah kalian bisa... di dunia kerja tidak ada yang tidak mungkin... kamu bisa ngalahin lulusan UI, UGM sekalipun kalau kamu mampu. Dan selalulah befikir saya bisa lebih baik dari kamu. Mari kita buktikan. Begitulah wwkwk sah sah saja.. yang tau kita sendiri sebagai self motivation juga. Mereka pintar ...saya juga pintar.. mereka bisa NCP saya lebih bisa,... mereka dari kampus terkenall..saya bisa buat kampus saya jauh lebih terkenal haha...ingat  skor kita sama sama nol ketika tes. Hanya doa, usaha serta kemauan itu kunci nya.

Begitulah bberapa prinsip yang bisa saya bagi, semoga bermanfaat. Maaf jika ada yang kurang berkenan. Saya hanya berbagi. Mungkin saja setiap orang punya prinsip versi nya sendiri. Boleh lah share nanti :’) Dinantikan kritik dan sarannya di komentar di bawah.terimakasih

Jumat, 13 Januari 2017

Wanita Tangguh Persit


         Hasil gambar untuk women siluet
Mimpi dari semua wanita adalah menuju kebahagiaan, Tidaklah mudah untuk meraih kebagahian. Tatkala kebahagiaan itu didapat dengan tidak sesuai rencana, sosok yang lemah dan harus berada dibelakang menjadi alasan utama.

Selasa, 02 Februari 2016

Nomogram Tinggi Lutut (Antropometri Lanjut Usia)

Berikut adalah perhitungan Tinggi Lutut (TL) untuk menentukan Tinggi Badan (TB) lanjut usia, perhitungan tinggi lutut ini digunakan pasien lanjut usia yang tidak bisa berdiri tegap (bungkuk) dan juga dalam keadaan bedrest di tempat tidur. 

Sabtu, 19 Desember 2015

Contoh Judul Skripsi Bidang Gizi Klinik, Gizi Masyarakat, Gizi Pangan, Gizi Olahraga, Peyelenggaraan Makanan dan Mutu Makanan




Berikut adalah judul judul skripsi yang diajukan oleh mahasiswa Gizi Klinik Politeknik Negeri Jember Angkatan 2012, semoga bisa menjadi acuan atau bahan ide untuk adik adik Gizi Klinik atau program studi Gizi di kampus lainnya...

Senin, 26 Oktober 2015

My Photos at Photo Contest (World Food Day 2015)

         
 Sudah lama tidak posting di blog, kali ini saya akan membagikan beberapa foto yang saya kirim ke PERGIZI Pangan untuk ikut serta dalam lomba foto untuk memperingati Hari Pangan Sedunia pada 16 Oktober kemarin. ya walaupun tidak menang dalam lomba foto tetapi bisa untuk berpartisipasi pun sudah bangga haha pemenang lomba foto pun ternyata bagus bagus fotonya.... jadi iri saya haha..

Minggu, 11 Januari 2015

Jember 2015

         
       Hidup di perantauan memang sulit sulit senang, ya memang ini lah kewajiban selama 4 tahun menempuh studi di Jember, saya yang notabene nya asli Ponorogo memang harus mau lelah kalau mau pulang ke kampung halaman, lama sekali kalo nyampek haha tapi itulah yang bikin seru di perantauan banyak pengalaman, banyak teman, dan tentunya banyak kenalan *ehm..

Senin, 15 Desember 2014

Cara Menyusun PAGT (Proses Asuhan Gizi Terstandar) yang benar



Berikut ada lah pedoman menyusun PAGT atau Proses Asuhan Gizi Terstandar
PAGT ini disusun untuk menyelesaikan Asuhan Gizi kasus pasien yang menderita penyakit tertentu dan juga sebagai media pembelajaran Mahasiswa Gizi di kampus.

Sebelum tau cara mengerjakan kasus dengan menggunakan PAGT kita harus menghafal singkatan dari metode PAGT, jadi PAGT itu isinya ADIME:

Sabtu, 10 Mei 2014

Pertolongan Pertama pada cidera Olahraga



  1. Kram
daerah yang sering mengalami kram adalah otot betis di bawah dan di belakang lutut
a.       Lakukan pemijatan dengan perlahan namun menyebar di area yang terkena