Senin, 16 Desember 2013

Cerita dibalik Cateliya 28

Ada cerita dibalik kunjungan Posyandu Cateliya 28... cekidot




Sebuah kisah dari anak-anak Gizi Klinik Polije 2012 dimana kami semua terjun ke masyarakat langsung, tentu tujuannya untuk menjadikan masyarakat sadar akan kesehatan mereka, ya.. kami melakukan kunjungan ke Posyandu. Dimana kami akan melakukan Penilaian Status Gizi mereka semua mulai dari Bayi,Balita, Ibu Hamil dan Lansia. Atas amanat dari bu Devi (dosen) saya menjadi coordinator nya.. :p 

kami terdiri dari 125 Mahasiswa dimana dibagi
menjadi 19 kelompok
 dimana masing-masing kelompok  beranggotakan 6 sampai 7 mahasiswa, setiap kelompok mengunjungi posyandu masing-masing..sebuah pengalaman yang sangat baru bagi kami, tentunya kami tidak sembarangan, kami pun sudah melakukan skill lab, yaitu berlatih bagaimana menghadapi klien saat nanti terjun ke masyarakat langsung….dengan bekal kuliah dan lab skill yang kami peroleh dari dosen dosen hebat bu Devi Ermawati, bu Puspito Arum, dan bu Dahlia serta teknisi teknisi yang turut membantu mbak Dian, mbak Riha, dan mbak Arwin.

Awal mula berjalan lancer, ya kelompok 1 dimana Desi dkk sukses melaksanankan tugasnya di posyandu mereka menceritakan disana akan mengukur, menimbang, me recall, menetukan status gizi, dan tentunya memberikan penyuluhan..wah saya semakin penasaran ingin segera ke Posyandu, tapi dilain sisi ada sedikit masalah.. -_____- ya, kelompoknya Dhesti, Agung dkk mereka telat gara2 bidannya katanya sudah selesai posyandu nya… alhasil mereka hari itu sia sia datang kesana, ditambah lagi masalah kalau kelompoknya Riska Ayu dkk mengatakan bahwa posyandu mereka sudah diselenggarakan bulan lalu dan mngatakan bahwa adanya posyandu cateliya 70 , padahal cateliya 70 itu jatah kelompoku -_- ..ya tak apalah, nanti yg tidak dapat bisa di lebur dgn kelompok lain.
Akhirnya kelompoku dan kelompoknya Agung, yg tidak dapat jatah posyandu melebur dengan 3 kelompok lain, masing2 beranggotakan 11 orang, awalnya kami mengira terlalu banyak, tetapi saat di posyandu kami sedikit keawalahan juga karna banyak pasien yang datang…
Ini cerita dibalik kelompok ku yaitu di cateliya 28, kami sudah datang ke TKP,dan kami membagu tugas, siapa yg dapat bayi,balita, bumil dan lansia.. kami menunggu lumayan lama, akhirnya mereka datang juga… dan saya kebagian lansia, berhubung lansia nya belum datang, maka saya membantu yang balita..ada kejadian lucu, saat saya disuruh kadernya utk bagian meja penyuluhan dan disuruh mengis KMS, saya sedikit ragu..akhirnya sy memaksa teman saya Layli utk mngambil bagian itu.. hehe ya daripada sya salah mengisi KMS, menulis di KMS nya kan permanen gak bisa di Tipe X kaya ujian hehe drpada salah dan bkin malu..saya serahkan tahta pengisian KMS kepada teman saya… hahaha

Nah tiba saatnya saya me recall ibu hamil, ada yang unik ibu hamilnya yang datang 2 orang, satunya bernama Misyana umurnya 16 tahun, satunya lupa namanya umurnya 31 (anak-anak suuzon nya ibu itu bukan umur 31 melainkan 50, karna wajahnya sudah agak tua tapi ngaku umur 31 hahaa)

Berikut percakapan saya dengan ibu hamil Misyana

Saya : “ permisi mbak (manggil mbak, karna masih muda)..saya disini mau menanyakan mbak makan apa saja, biar mengetahui gizi dari makananya mbak.” *senyum
Bumil: “ *hanya senyum tipis*
Saya: “ kalau boleh tau namanya siapa?
Bumil: “ Misyana..”
Saya: “ oo, umurnya mbak?”
Bumil : “16….” *ekspresi datar*
Saya: *hening….* (dalam hati: harusnya manggil “dek” saja ini. -_- wkwkwk)
 tadi sarapannya sama apa mbak? (Tanya saya)
Bumil: “ nasi, bayam…
Saya: “ minum susu?
Bumil: “ *geleng-geleng*
Saya: “ hmm ok kalau semalam mbak makan sama apa?
Bumil: “ nasi , bayam, tahu….
Saya: “ oo..habis ndak makannya?
Bumil: “habis…*suara pelan*
Saya: “ nah, kalau kemarin siang..sama apa mbak makanya…?
Bumil: “ bayam, nasi…
Saya: “ *mulai curiga* -_-…sama bayam lagi mbak?
Bumil: “iya..
Saya: “ ada lagi mbak? Mungkin sama ikan, tempe, daging ayam…?
Bumil: “ndak…kata bidanya suruh makan bayam….”
Saya: “ -____- *hening panjang* (dalam hati: mbak ini sepertix salah presepsi dengan bidannya, masa makan bayam siang-malam -__- )
Kalau kemarin pagi sama bayam juga mbak?
Bumil: “ iya…
Saya : “ *dalam hati: hadeeeh  -_____-
Saya menambahkan, oo… mbak sebenernya boleh sekali makan bayam, tapi harus makan sayur lainnya seperti sayur sup.. dan  dikombinasikan dgn sayuran lain,  seperti wortel, kacang panjang… dan ditambah  ikan, atau daging ayam, biar gizi nya seimbang..
Bumil: “ iya.. *suara pelan, sambil senyum tipis..*
Saya: “ terimakasih ya mbak atas waktunya…..

Pengalaman yang sangat unik memang, dan mbak mbak yang hamil itu yang suka makan bayam..mungkin ingin  anaknya jadi seperti Popeye..wkwk…



Created by: Ni’am TS
Progam Studi Gizi Klinik, Politeknik Negeri Jember 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo Komentar :)

Pelatihan NCP/PAGT 2019: A Dream Come True

       Selamat pagi, sudah lama tidak menulis di blog ini. Dalam sebuah momen/kegiatan pasti ada cerita nya, ada hal unik nya, ada juga...