Bawang Putih Menurunkan Kolesterol




Umbi bawang putih sementara ini kita kenal sebagai mbumbu masak yang sangat membangkitkan aroma masakan, berbau gurih dan sedap. Sebetulnya masih banyak sekali manfaatnya bagi tubuh dan kesehatan manusia. Berikut inilah salah satu manfaat penting Bawang Putih :
Bawang putih tak sekadar penambah aroma masakan untuk membangkitkan selera. Keberadaannya dimanfaatkan sebagai panasea berbagai penyakit sejak berabad-abad silam. Sebuah papyrus di Mesir bertarikh 1500 SM ditemukan berisi 22 khasiat Allium sativum untuk mengobati penyakit. Raja Tutankhamun dari Mesir memanfaatkannya untuk stamina dan mencegah penyakit. Di Romawi dan Yunani umbi bawang digunakan sebagai obat lepra dan asma. Sedangkan orang Lebanon memanfaatkannya untuk diet. Pada 1858, Louis Pasteur ahli mikrobiologi menggunakan kerabat lili itu sebagai desinfektan pembersih luka terbuka serta mencegah gangren.
Hasil penelitian menunjukkan herbal berbahan bawang putih menurunkan 11% kolesterol, 10% LDL, 34% trigliserida, dan tanpa efek apa pun terhadap nilai HDL. Sedangkan plasebo hanya berefek menurunkan LDL dan trigliserida pada 10 pasien. Hal itu sejalan dengan penelitian Dr Yongxiang Zhang dari University of Tokyo, Jepang. Hasil penelitiannya, bawang putih membantu menurunkan kadar kolesterol karena memiliki ajoene, zat antikolesterol untuk mencegah penggumpalan darah.

Dr Yu-Yan Yeh, ahli nutrisi Penn State University, Kalifornia menyebutkan tiga grup sulfur pada senyawa bawang putih menghambat 40—60% produksi kolesterol hati tikus yaitu S-allyl cysteine, S-ethyl-cysteine dan S-propyl cysteine. Penelitian itu dilanjutkan Yeh pada manusia. Hasilnya, 34 pasien hiperkolesterol menunjukkan penurunan 7% kolesterol darah dan 12% LDL setelah mengkonsumsi kapsul berbahan bawang putih selama 5 bulan.
Selain itu, Penyakit Yang Dapat Diobati : Hipertensi, Asma, Batuk, Masuk angin, Sakit kepala, Sakit kuning; Sesak nafas, Busung air, Ambeien, Sembelit, Luka memar, Abses; Luka benda tajam, digigit serangga, Cacingan, Sulit tidur (Insomnia)
Silahkan anda mencoba khasiat atau manfaat Bawang putih ini, semoga dapat berguna dan dapat memanfaatkannya dengan baik.


5 Kata tentang Kesehatan:

1.      Lepra : penyakit menular kronik yang berkembang lambat, disebabkan oleh Mycobacterium leprae dan ditandai dengan pembentukan lesi granulomatosa atau neurotropik pada kulit, selaput lendir, saraf, tulang, dan organ-organ dalam. Manifestasinya berupa gejala-gejala klinis dengan spektrum luas, yang terdiri dari dua tipe utama, dengan jenis lepromatous pada ujung spektrum dan tuberkuloid di ujung yang lain: diantara dua tipe ini terdapat tipe borderline, dengan dua sub tipe, borderline tuberkuloid dan borderline lepromatous.  Disebut juga Hansen’s disease.

2.      Mikrobiologi adalah sebuah cabang dari ilmu biologi yang mempelajari mikroorganisme.[1] Objek kajiannya biasanya adalah semua makhluk (hidup) yang perlu dilihat dengan mikroskop, khususnya bakteri, fungi, alga mikroskopik, protozoa, dan Archaea

3.      Trigliserida (atau lebih tepatnya triasilgliserol atau triasilgliserida) adalah sebuah gliserida, yaitu ester dari gliserol dan tiga asam lemak.[1] Trigliserida merupakan penyusun utama minyak nabati dan lemak hewani.

4.      HDL dan LDL : LDL (low density lipoprotein) adalah kadar kolesterol jahat sedangkan HDL (High density lipoprotein) adalah kadar kolesterol baik

5.      Ajoene salah satu komponen yang berfungsi sebagai antikoagulan atau pengencer darah yang dapat menghambat pemberkuan darah dan atherosclerosis (pengerasan pembuluh darah akibat pengendapan lemak dalam pembuluh darah) sehingga sirkulasi darah menjadi lancar. Hal ini sangat berperan dalam pencegahan jantung koroner dan stroke tipe sumbatan

Postingan populer dari blog ini